Kamis, 16 Desember 2010

Bonekaku..ku..ku..ku....


Nggak sengaja, ternyata koleksi boneka si Kakak dan si Adek banyak juga ya! Sebenernya nggak sengaja ngoleksi si, cuma pas kebeneran si Kakak suka boneka, adeknya juga suka (nurun ngkalee dari emaknya..he..he.. Padahal dulu aku ndak suka boneka lho.., maksudnya.. ndak mampu...). Ada satu dua boneka yang berasal dari masa lampau (maksudnya koleksi lama), ada juga sebagian boneka yang sudah terlanjur diberikan ke orang laen ketika si Kakak dianggap sudah tidak layak bermain dengan boneka. Ndak nyangka.. eh.. ternyata setelah bertaun-taun kemudian ada sang Adek.

Nah, ini sebagian besar koleksi kakak dan adek yang masih aktif dimainkan. Sang Kakak sengaja mengeluarkan dan menyusun semua boneka untuk difoto. Katanya buat profil FB (dasar..!! narsis!!). Berhubung yang motonya bukan tukang poto yang berpengalaman, jadilah foto-foto di artikel ini bernuansa "seadanya".
Beberapa boneka, merupakan sisa-sisa peninggalan sang kakak. Boneka macan yang dipeluk adek di gambar di atas, misalnya, dibeli waktu kakak umur 2.5 taun. Waktu itu kakak minta dibelikan "teman" untuk boneka buayanya yang berukuran hampir sama dengan ukuran boneka macan tersebut. Boneka ini juga sering dijadikan bantal guling waktu tidur.

Ini boneka pisang bersaudara. Pisang besar dibeli sang kakak ketika berusia 4 taun. Waktu itu dibelikan sebagai hadiah "hiburan" ketika sang kakak sembuh dari sakit panas. Kakak memilih sendiri boneka ini diantara sekian banyak boneka di toko Point Samudra di Jl.Merdeka samping BIP. Pisang kecil dibeli sekitar 6 bulan yang silam, dipilih oleh sang Kakak sebagai hadiah untuk Adek, supaya adek bisa "bersandiwara" dengan boneka pisang besar.

Suatu kali sang adek sibuk menggendong boneka pisang kecil.
"Lho.. kenapa digendong dek?"
"ehm.. lagi sakit..."
"oooo, kakak pisangnya kemana?"
"Ah.. udah nggak ada..."
"Lho, kemana?"
"Udah dikupas, dimakan...!!"
"Alaaaah, kasian amat...!! kenapa dimakan?"
"Kan udah tua, jadi udah mateng.. ya dimakan!!"
"Alaaaah, kasian dong..!! gimana sih, kok dimakan??"
"Kan buah-buahan, kalo udah tua dan udah mateng ya dimakan"
"lha adeknya kok enggak dimakan juga?"
"Iiih.. ini kan masih kecil, nggak enak kalo dimakan!!"
Begitulah potongan dialog sang kakak dengan adeknya. Mereka sering menggunakan 2 pisang ini untuk bermain sandiwara boneka.

Entah pegimane ceritenye.. si adek kok doyan banget sama sang kodok yak? Mungkin gara-gara dulu pernah dinyanyiin lagu "sang kodok eh...eh.. sang kodok??" Maka, dalam beberapa kesempatan, sang adek selalu memilih boneka kodok untuk dibeli. Dari kanan ke kiri, boneka kodok pertama dan kedua yaitu sang kodok gendut dan kodok "bangkong hejo", merupakan hadiah ulang taun dari Kakak Devi dan teh Ratna (ex mhs-ku) waktu ulang taun pertama adek (Maret 2009). Setelah itu, adek membeli 2 kodok kecil-kecil (tidak ada di foto). Kemudian adek membeli kodok berwarna pink yang diberi nama "kodok cantik", karena kodok ini girly sekali siih. Kemudian adek membeli kodok yang tangan dan kakinya puanjang dan bisa ditarik-tarik, diberi nama "wakidok" (paling kiri), dan terakhir membeli kodok yang menggunakan t-shirt, diberi nama "kodok cowok" (paling depan). Dari sekian banyak boneka kodok, "kodok cantik" merupakan favorite adek. Hampir setiap malam adek harus selalu tidur dengan "kodok cantik".
Tiga boneka favorite lainnya yang sering dipake main sandiwara oleh adek yaitu Ernie dari Sesame Street, Winnie the Pooh dan Minnie Mouse.

Koleksi lainnya yang unik adalah boneka Snoopy. Meski hanya ada 3 boneka, tapi semua koleksi ini berasal dari masa silam. Semua boneka snoopy tersebut sudah dimiliki jauh sebelum kakak dan adek lahir. Snoopy yang paling kanan dan yang di tengah, merupakan snoopy "tua" yang diperoleh dari para ponakanku tercinta. Snoopy yang paling besar, diperoleh dari ponakanku yang sudah Almarhumah (hiks..hikss.. kan selalu kuingat!) Lanny Caroline Umboh. Snoopy kedua, yang menggunakan sweater (aslinya berbaju kuning, tapi bajunya udah robek), dari adeknya Lanny, Lieta.

Kedua boneka itu kuperoleh waktu aku masih SMA, taun 1984 an gitu. Jadi udah lamaaa banget. Boneka snoopy yang paling kiri juga pemberian, dari seseorang teman di dunia maya, taun 1998. Trus karakter snoopy yang di depannya, diperoleh dari hadiah paket Mac.Donald taun 1998 an juga. Tadinya aku nyimpen barang-barang tersebut sekedar iseng-iseng aja. Eh... ndak taunya anak-anakku juga seneng. Syukurlah..!!

Tidak ada komentar :