Minggu, 02 Maret 2014

Belajar Tari Bali


Memutuskan apa yang pertama kali ingin dikenalkan kepada anak memang susah-susah gampang. Tapi, berhubung sejak dulu ibu berprinsip ogah mengenalkan kepada anak les-lesan yang berbau pelajaran, seperti les kumon, les bahasa Inggris, de-el-es-be, maka buat adek, ibu putuskan ingin mengenalkan tari Bali. 
Lho kok tari Bali? Padahal nggak ada satupun di keluarga ibu dan ayah yang menekuni tari atau menjadi seorang penari. Ibu aja nggak bisa nari, ayah apalagi. Mendadak tiba-tiba suddenly ibu pengen adek Ayu belajar nari Bali? Apa alesannya?
Alesannya, ya simple aja, sebenernya ibu pengen anak-anak ibu tuh menguasai salah satu kesenian, entah maen musik, entah nyanyi atau nari. Bukan buat prestasi, atau buat keren-kerenan. Hanya sekedar penyeimbang, melatih otak kanan, melatih ketrampilan, sekedar refreshing, de-el-el.  Naah, tiba-tiba ibu tertarik dengan tari Bali, dengan alasan, ini tari tradisional Indonesia yang sudah menjadi trade-mark Indonesia di mata dunia. So.. selaku anak Indonesia, menurut ibu sih, nggak ada salahnya kan kalo mempelajari budaya dan kesenian bangsa sendiri. 
Lha kenapa nggak nari yang lain? tari Jawa, tari Sunda, tari Jaipongan? Alesannya.... kayaknya adek lucu deeh kalo udah pake kostum nari Bali.  Sebenernya sebulan yang lalu waktu adek sama ibu maen ke Taman Lalu Lintas, kita melihat sejenis pasanggiri tari Jaipongan gitu. Pesertanya anak-anak kecil, mereka langsung lari-lari setelah selesai nari, lengkap dengan kostum tarinya, mereka sibuk naek turun perosotan, maen ayunan, dan laen-laen. Adek keliatannya takjub melihat mereka menari, plus juga melihat kostum mereka. Trus ibu tanya, adek mau belajar nari? Adek mengangguk. Tapi persepsinya ya tari balet, maklum pengaruh tontonan dan pergaulan mungkin... ke -barbie-barbie- an.. ha..ha...ha.. 
Trus, bagemana cara ibu meyakinkan adek untuk belajar nari Bali. Ibu kasih alesan, pertama, kalo tari Balet itu ribet dan mahal. Kudu beli sepatu laah, rok rumbai-rumbai lah, baju senam laaah. Blum nanti misalnya keterusan seneng, kan ribet, bajunya ngetat banget gitu.. (alesaaan... padahal, takut tak mampu beli kostumnya..he..he.). Lagian, dari surfing-surfing ke google, kayaknya rada-rada elit dan borju gitu laah. Ibu rada-rada males. Rata-rata biayanya mahal, sekitar 100-200 rebuan gitu. Nah, kalo nari Bali, modal awal nggak usah bawa macem-macem. Cukup pake sarung dan iket pinggang aja. Ibu yakinkan adek bahwa sebaiknya belajar nari mumpung masih kecil. Nanti kalo udah gede kan malu, pake baju kelek kemana-mana, gual-geol di depan orang banyak. Nanti kalo udah gede, tinggal ngajarin anak kecil nari aja.. Nampaknya alesan ibu bisa diterima adek, so adek setuju-setuju ajah.
Langkah berikutnya mencarikan informasi tentang tempat belajar tari Bali. Kalo jadwalnya oke, lokasinya oke, biayanya terjangkau, dan sekian kondisi yang mendukung lainnya, ibu akan mempertimbangkan adek untuk ikut tari Bali. Tanya-tanya mbah Google, ternyata ada beberapa tempat belajar nari Bali di Bandung. Beberapa diantaranya:
  • Githa Saraswati, Jl.Dr. Otten no.15 Bandung.  Ini tempat nari yang udah lama banget kayaknya. Setau ibu, sejak ibu SMP ada temen ibu yang bener-bener serius nari Bali disini dan konon sudah sering manggung dimana-mana, menang berbagai kompetisi tari Bali. Cuma nggak tau tuh gimana ceritanya sekarang.. he..he.. Tapi ibu nggak bisa milih tempat ini dengan alesan jauh dari lokasi tempat tinggal ibu dan susah rute angkotnya.
  • Sanggar Tari Bali Asmarandana,Jl Situ Cileunca 2, Cijagra.  Dari blog-nya nampaknya nggak ada info terbaru, jangan-jangan udah tutup lagi.. Lagian lokasinya jauh banget dari tempat ibu. So.. nggak jadiii aaah... 
  • Sanggar Tari Natya Nataraja, Gelanggang Generasi Muda  (GGM) Bandung, Jl. Merdeka. Sebenernya boleh juga niih, deket lokasinya, murah lagi, Konon buat ikutan cukup bayar biaya pendaftaran 60 rebu, trus bayar les narinya 75 rebu, narinya 2x seminggu. Rabu dan Sabtu, jam 14.00-17.00.  Muraah banget loo biaya segitu. Cuma, waktunya ibu rada-rada susah. Rabu jam 14-17 kan ibu lagii dimanaa gitu, kudu pulang dulu, jemput adek, trus kesono.. Hm.. rada-rada repot. Alternatif kedua latihan di gedung RRI Bandung, Jl. Diponegoro, hari Minggu, jam 14-18 (gileee 4 jam, apa ndak capek tuuh).  Tapi lagi-lagi rada ribet ke arah sono hari Minggu maah, apalagi siang, banyak godaannya. 
  • Sanggar Tari Sekar Tampaksiring, Jl. Ciung Wanara no.18.  Naah ini dia, dekat dan hemat. Kayak slogan supermarket aja. Segera ibu buka blognya, trus baca-baca infonya. Ternyata latihannya cuma 1x seminggu. Minggu pagi aja, jam 8-10 an. Cucok laah, dekat dengan tempat kita, Biaya pendaftaran juga nggak mahal, cuma 60 rebu, dan biaya les bulanannya 60 rebu juga. 
So suatu sore ibu sempetin mampir ke sanggar ini. Ternyata sanggar ini merangkap asrama mahasiswa Bali. Jadi waktu ibu mampir, berhubung bukan saat latihan, ruang tamunya penuh dengan para mahasiswa bertaburan. Hahaha... ibu tanya-tanya info dan dapet info bahwa ibu bisa mulai membawa adek latihan hari Minggu. Ternyata latihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pemula dilaksanakan hari minggu jam 07.30-09.00.  Sesi mahir jam 09.00-11.00.  Biaya pendaftaran tetap 60rebu cuma biaya les bulanannya naek dikit, jadi 75rebu. Tapi ya relatif murah laah segitu.  So ibu putuskan untuk mendaftarkan adek Ayu ke sanggar ini.

Penampakan Sanggar Tari Sekar Tampaksiring, Jl. Ciung Wanara no. 18 Bandung

Para orang tua yang sedang menunggu anak-anaknya latihan tari

Ini latihan yang ke berapa ya??? Masih pada kaku gerakannya..he..he..
Latihan pertama ayu nggak bawa apa-apa, karena begitu daftar langsung latihan. Konon menurut kakak pembina, sebaiknya minggu depan ayu membawa kaen dan staples pengikat kain. Tari pertama yang harus dikuasai adalah tari Pendet. Tiga kali latihan, yeey.. masih kaku banget laah. Konon ada yang sudah latihan 3 - 4 bulan ya masih kaku. Mungkin pengaruh usia juga. Konon kata gossip, usia 5-6 tahun belajar nari Bali itu masih rada susah. Yaaa iyaaa laaah, wong ngajarin tari pak-tani dan bu tani buat anak TK aja susahnya minta ampyuuun. Apalagi ngajarin nari serius seperti tari Bali. 

Kakak-kakak pengurus sanggar lagi sibuk ngurusin administrasi, ngabsenin, nyatet iuran, dlsb. Tampak belakang sederetan piala hasil capaian sanggar, bukti keseriusan pengelolaan sanggar tari.
Sekitar sebulan latihan, eeeh konon mereka akan membuat semacam pentas bersama, yang konon akan disatukan dengan agenda kegiatan Mahagotra Ganesha, unit kesenian tari Bali, milik mahasiswa ITB.  Konon pentas ini akan diikuti oleh berbagai sanggar tari Bali yang ada di Bandung. Mungkin semacam ujian kenaikan tingkat.  Pentasnya sendiri diperkirakan bulan April 2014. So.. frekuensi latihan terpaksa ditambah jadi 3x seminggu. Tapi yaa namanya nak-anak.. tetep aja masih pada kaku. Tapi pentas ini kesempatan emas. Kesempatan anak-anak itu berani tampil di panggung.. nggak peduli narinya udah bener apa belum.. he..he....Barengan Ayu nari, ada sekitar 6-8 anak yang seumuran. Rata-rata berusia 5-7 tahun, dan masih duduk di TK atau kelas 1. Ada dua tiga anak yang sudah kelas dua, dan mungkin sudah berlatih lebih lama. Keliatan gerakannya sudah lebih luwes. Bahkan ada juga mungkin yang sudah SMP atau SMA, tapi baru belajar menari. Sudah tentu mereka lebih cepat belajar dan lebih luwes.
 

Eeeh... ternyata guru utamanya bapak-bapak lho. Pak Nengah, yang konon mantan penari profesional

Kadang-kadang diiringi live music juga, yang langsung ditabuh oleh sang Pelatih.
Tapi, biar bagemanapun ibu tetap seneng mengantar adek latihan nari. Nggak peduli gerakannya masih ribet... yang penting kuncinya nggak boleh bosen. Ibu bayangin, mungkin kegiatan ini akan terus berlangsung bertahun-tahun. Mungkin sampe adek tamat SD, nggak tamat-tamat belajar narinya. Lhaa wong untuk menguasai satu tarian perlu waktu berbulan-bulan. Intinya, nggak ada ketrampilan yang instant. Semuanya perlu waktu, ketekunan dan pengorbanan.  Ibu nggak mikirin soal berbakat atau tidak berbakat. Toooh targetnya bukan prestasi, tapi yang penting mampu menguasai hingga level tertentu. Sudah cukuplaaah.. Target lainnya, ya minimal adek punya bekal ketrampilan sederhana dan mengenal salah satu budaya bangsa sendiri.


Cuplikan latihan tari yang ke berapa yaaa.. ke lima kayaknya

Cumaaa... ada cuma nya niih.. Waktu awal-awal, supaya adek semangat latihan narinya, pulang latihan ibu selalu menjanjikan adek buat naek kuda. Tapi lama-lama tekor juga euy. Biaya naek kudanya lebih mahal dari biaya tari bulanan.  Lah itu sekali naek kuda bayar 20 rebu satu puteran. Adek nggak pernah merasa cukup satu kali puter. Minimal 3x, pernah sampe 5x. Deeeuh.. keenankan si penjaga kudanya dooong. 

 
So.. setelah beberapa minggu, ibu berusaha mengalihkan kegiatan naek kuda ini dan Alhamdulillah sukses...(jadi nggak perlu obral janji naek kuda lagi setelah nari).

Tidak ada komentar :