Selasa, 11 September 2012

Kemping ke Gunung Puntang

Kisah lama juga, saking seringnya menunda keinginan menulis, tertimpa dengan berbagai aktivitas lainnya.
Alkisahnya, bulan July 2010, sang kakak akan mengadakan outing dengan sekolahnya, berupa kemping semalam di Gunung Puntang. Seminggu sebelum kemping, sang ayah, kakak dan guru-guru sudah survey duluan ke lokasi. Entah bagemana ceritanya, tiba-tiba pada saat menjelang kemping, sang Ayah berfikir untuk mengajak adek ikutan kemping. Mungkin selain bisa mengawasi sang Kakak dari jauh, juga mengenalkan pengalaman baru buat sang Adek.

Kakak waktu ikutan survey lokasi kemping
Sebenarnya rencana kemping ini maju-mundur nggak jelas. Dari mula-mula siap, eh.. menjadi ragu-ragu. Emang sebenernya rada takut-takut juga sih. Makelum, adek masih kecil dan belum pernah diajak outdoor kemanapun. Tapi kayaknya asyik juga kalo bisa ngajak adek kemping...
Maka, dengan persiapan seadanya, berangkatlah kami menyusul kakak yang sudah sejak pagi berangkat dengan temen-temennya. Lokasi kemping di Gunung Puntang cukup jauh, kira-kira 2-3 jam perjalanan kalo ndak macet. Arahnya menuju Bandung Selatan. Kami berangkat kesorean, sekitar jam 16.30. Perlengkapan yang dibawa meliputi tenda lengkap, sleeping bag, alas tidur, selimut tebel, dan segepok perlengkapan bayi termasuk termos, susu, dan lain-lain. Meskipun awalnya aku masih berfikir apa mungkin menginap di semacam tempat penginapan dekat lokasi kemping, tapi aku juga mempersiapkan kemungkinan tidur di tenda. Makelum, namanya juga kemping dan sang Ayah nggak bisa ngasih informasi yang jelas, apakah disono ada tempat menginap yang layak atau ndak.
Sampe sono, ternyata sudah malam juga, jam 19.00. Selidik punya selidik, ternyata di daerah perkemahan Gunung Puntang tersebut tidak menyediakan tempat penginapan yang "layak" untuk standar ukuran kami. Ada siii tempat nginep, tapi "horor" gitu bentuk dan kondisinya. Why?

  1. Tempat menginap hanya berupa satu kamar tidur dengan tempat tidur (dengan seprei yang sudah ndak jelas warnanya, dan selimut yang formatnya "meragukan") dan isi kamar pun polos banget nggak ada apa-apa lagi.
  2. Tempat menginap berupa "saung", dengan ketinggian sekitar 2 meter, dan hanya terdiri dari satu kamar di atasnya.
  3. Tangga naik mirip kayak tangga naek pohon mangga, curam banget, nyaris lurus malahan..
  4. Kamar mandi di luar, di semak belukar yang gelap tanpa penerangan.

Tarifnya? negotiable..!! Mula-mula nawarin 200 rebu, tawar-tawaran akhirnya dikasih juga 100 rebu. Tapi setelah melihat kondisi tersebut, mendingan kemping di tenda deh..!!
Dari tempat parkiran mobil jalan ke tempat kempingnya lumayan jauh, kira-kira 20 menit. Masalahnya jalannya gelaap bangett, mana lewat kayak jembatan gantung gitu, trus lewat pepohonan (ya namanya juga camping ground), jalan nanjak, barulah sampe ke arena kemping. 
So, setelah memutuskan akan kemping, mulailah kita menggelar tenda.  Sebenernya kita ditawari juga gabung dengan tenda guru-guru, tapi kita kan dah bawa tenda sendiri, jadilah buka tenda deket tenda guru. Guru-guru sudah menyediakan banyak lampu penerangan bertenaga batere, bentuknya kayak lampu cempor. 

Lampu cempor bertenaga batere
Tenda kami dikasih satu, lumayan nggak terlalu gelap. Karena nyampe udah malem, nggak terlalu jelas lah bagemana kondisi lingkungan sekitar. Anak-anak laen sepertinya berkemah di seputar lapangan besar di sebelah kolam yang disebut kolam "cinta".  Kolam ini sebenernya dibentuk dari reruntuhan bangunan, yang konon, kalo diliat dari atas berbentuk heart.  Di sebelah kolam ada lapangan. Naah, di tengah lapangan ini dipasang api unggun dan anak-anak berkemah diseputaran api unggun tersebut. 



Sekitar jam 8 an kita diajakin makan malam bareng dengan guru-guru.  Adek sih dah bawa bekel dan udah makan sebelumnya.  Adek ibu gendong berkeliling melihat-lihat situasi, masuk tenda utama (semacam markas perbekalan), dan ngeliat tenda anak-anak, sambil nyari-nyari kakak.  Tapi kakak teaaa atuuh, gengsi pisan ditemui. Kata Ayah, Kakak sempet ketemu ayah dan ngomel-ngomel, ngapain ayah pake nyusul segala. Jadi yang ribut malah temen-temen kakak. Ibu sempet denger mereka heboh.."Bilal, ada adik kamu looo!". Adek ibu ajak ngariung bersama di api unggun dengan anak-anak.  Mereka pada bakar ubi di api unggun dan adek dikasih satu potong.  Wah.. adek ternyata seneng banget makan ubi hangat-hangat.


Karena udara sudah malem, akhirnya adek segera tertidur di gendongan ibu.  Karena sudah tidur, pelan-pelan ibu simpen adek di dalam tenda, dibungkus dengan selimut tebal, dipakein kupluk, terus dimasukin ke sleeping bag. Ibu sama Ayah cukup berbaring di alas tidur plastik.  Tiduuur daaah..
Nyenyak?? Boro-boro... makin malem makin susah tidur. Suara angin sangat kencang, seperti mesin menderu-deru.. whuiiii sereem banget deh, kalo nggak inget-inget kita tuh kempingnya banyakan, pastilah ibu  dah kabur pengen pulang. Belum lagi, angin tersebut nggak sekedar kencang dan berisik, tapi dinginnya minta ampuun.. Ibu yang cuma berbekal jaket parasit maen bola kakak, yang sama sekali nggak layak buat di gunung, kepaksa mengkerut berusaha menghangatkan badan, menutup muka pake kaen adek. Angin ini juga menembus ke dalam tenda dan menerpa wajah dengan udara dingin setajam piso. Udara dinginnya tuh bener-bener kayak piso yang diirisin ke wajah.... Tiap kebangun, bolak-balik ibu  meriksa adek, takut kenapa-kenapa.. takut kedinginan atau ketutupan selimut. Tapi Alhamdulillah.. adek tidur dengan tenang sampe pagi.
Pagi-pagi, tepatnya subuh-subuh, ibu sudah dibangunkan oleh suara anak-anak yang lumayan berisik, rupanya mereka siap-siap mau shalat subuh dan lagi antri ke toilet atau ambil air wudhu.  Subuh ini ibu kerasa mau ke toilet. Tanya-tanya sama anak-anak dan guru... eeeh ternyata toiletnya juaauuh buanget. Kira-kira 5 menit jalan kaki, mana lewat jalannya tuh gelap, serem, bersemak-semak. Pas nyampe toiletnya, eeeh ternyata kondisinya juga menyedihkan.. pintunya pada ga bisa ditutup dan cuma satu yang ada gayungnya, kotornya jangan ditanya deeh... Deuuh.. kesian juga anak-anak ya.. Tapi buat wudhu nggak perlu ke toilet laah, cukup nongkrong di pancuran yang banyak terdapat di sekitar tempat kemping. Bahkan di depan tenda ibu ada satu pancuran yang dipake anak-anak buat wudhu dan cuci piring.  Pantesan subuh-subuh dah rame banget.
Kira-kira jam 5 an, adek ikutan bangun, rupanya karena mendengar suara anak-anak di luar. Segera ibu ajak ke luar, melihat suasana. Udaranya  memang dingiin sekali, tapi lumayan segeer.  Adek ikutan sibuk seperti anak-anak laennya, ikutan ingin maen "aer terjun", istilah adek buat pancuran.  Jam 6 an, ibu siapin makan pagi buat adek. Nasinya ibu pake cadangan yang kemaren. Dingiin sih, tapi mau manasin nasi dimana? Lauknya? Yang praktis aja, telor rebus, kecap dan tempe bacem.  Rupanya guru-guru juga udah sibuk masak dan nawarin lauk tambahan, sarden. Waah.. lumayan niih, mana masih anget-anget. Segeralah ibu tambahkan lauk sarden ke nasi adek. Untunglah adek nggak rewel soal makan.  Setelah beres makan dan minum susu (yang satu ini anget pastinya, soalnya pake air panas, tadi malem abis refil termos ke guru-guru), adek ikut-ikutan dengan anak-anak maen-maen dan keliling-keliling. Karena udah siang, barulah keliatan  situasi sekeliling kemah tersebut.   Ternyata kita berkemah persis di samping kolam cinta. Tuh, anak-anak pada nangkring di tembok reruntuhan kolam cinta.

Temen-temen kakak lagi "ngopi" pagi.

Kakak bilal bersantai nunggu makan pagi (nomor 3 dari kiri)
Sekitar jam 7 an, ibu putuskan untuk mandi duluan, tapi ibu ogah mandi di toilet yang pintunya susah ditutup tersebut. So, ibu putuskan jalan kaki sekitar 20 menit ke tempat parkir mobil. Di dekat tempat parkir mobil, ada toilet yang cukup bersih dengan air mengalir jernih, plus ada gayung, paku-paku buat ngegantungin baju, kaca, dan pintunya bisa dikunci dengan layak. Toilet ini ibu temukan tadi malem, pas dateng dan parkir mobil. Setelah beres mandi, ibu balik lagi ke perkemahan. Ibu lagi mikir-mikir mau mandiin adek dimana ya?? Ayah malah ngajakin jalan ke sungai. Di deket perkemahan katanya ada sungai yang cukup bersih. Kata Ayah, adek mandi di sungai aja. Walaah.. gimana ya.. tapi ya udah deh.. itung-itung pengalaman. Jadi ibu bawa adek dan perlengkapan mandinya ke sungai. Mula-mula ibu rada bingung juga, soale adek kan biasanya selalu mandi aer anget kalo di rumah.  Lah.. disini mah mana ada aer anget. Jadi ibu pikir, paling di lap aja deeh. 

Anak-anak antri makan pagi
Sampe di sungai, ternyata sungainya dangkal, tapi untuk mencapai sungai harus ngelewatin batu-batuan dengan jalan yang cukup terjal. Batunya gede-gede banget, tapi aer sungainya jernih. Sampe di sungai, Ayah ngajak adek nyemplung bentar di sungai sambil disabunin.  Walaah dingin banget!! Adek sampe menggigil, tapi udahnya cepet-cepet ibu  jemur di atas batu-batuan sambil dibalur kayu putih.. Adek keliatannya seneng banget.... pengalaman pertama mandi di sungai.... !! 


Adek abis mandi di sungai

Adek jemuran di batu biar anget
Setelah cukup berjemur dan dah pake baju rapi, kita kembali ke perkemahan. Ibu maen-maen sama adek, melihat sekeliling, sambil sarapan pagi dengan guru-guru.  Anak-anak rupanya sudah punya acara sendiri yaitu jalan kaki entah kemana.. Ayah melihat-lihat lingkungan dan ngobrol bentar sama guru-guru. Setelah tau bahwa acara jalan kakinya itu cukup jauh, ayah nggak jadi ikutan, takut kesorean.  
Adek, abis mandi pagi ikutan sibuk dengan temen-temen kakak



Adek abis makan siang...

Adek.. mejeng depan tenda perbekalan

Adek di tenda perbekalan


Kita masih kongkow-kongkow dengan guru-guru sampe sekitar jam 11 an, mbantuin masak makan siang buat anak-anak, juga sambil minta makanan...he....he..., nyuapin adek makan siang, dah gitu siap-siap pulang deh. Jam 11 an kita beresin tenda buat siap-siap pulang duluan, soale anak-anak pasti pulangnya sore dan ayah males pulang sore, takut kejebak macet.  

Anak-anak ngeberesin tenda, siap-siap mau pulang

Pak Imam membereskan perbekalan menjelang pulang
Menjelang pulang, barulah ibu sempet liat-liat keadaan di sekitar perkemahan gunung puntang tersebut. Ternyata lingkungannya cukup sensasional. Banyak reruntuhan bangunan tua.  Ibu baru tau dulunya itu tempat apa setelah membaca blog ini. Kayaknya, kalo dari tulisan di blog tersebut, tempat anak-anak kemah tuh pas di atas reruntuhan stasiun radio tua.
Sekitar jam 12 an kita pulang, dan nyampe di bandung sekitar jam 3 siang, karena mampir dulu di restoran ayam goreng di tengah jalan. Ibu deg-degan, takut adek sakit atau demam. Alhamdulillah..sampe besoknya adek nggak apa-apa, sehat wal-afiat. 



Tidak ada komentar :