Kamis, 17 Oktober 2013

Dialog, dialog dan dialog...

Cenaaah..... paling sulit itu menghadapi anak yang lagi ababil, alias abege labil....
Cenaaah..... kita kudu sering-sering dialog....
Cenaaah..... masa segitu lagi rawan-rawannya...
So, meskipun posting ibu kumat-kumatan.. kalo lagi mau posting ya posting, kalo nggak ya nggak, dan yang diceritain juga nggak urut... 
Jadi sebenernya mau nyeritain apa siii...??
Gini looo, ibu cuma pengen cerita, potongan-potongan dialog yang sering ibu lakukan dengan kakakbilal. Semakin remaja kayaknya semakin banyak waktu yang harus ibu luangkan untuk berdialog dengan kakakbilal.
Ibu jadi inget....Dulu.. waktu perpisahan kakak kelas 6 SD, pas tamat-tamatan gitu. Kita ada acara syukuran kecil-kecilan di kelas kakak di Sekolah Alam. Duluuu... ibu kan masih so-so-an aktif gitu.. ha..ha.., so ibu ceritanya jadi ketua DK alias dewan kelas. Sebenernya karena yang laen nggak pada mau, so mereka pasrah-pasrah aja dengan kemalasan ibu, yang penting asal ibu masih mau laaah.. Makanya, sebage ketua DK, ketika perpisahan tsb ibu memberikan sepatah-duapatah kata perpisahan... 
Tadinya ibu mau ngomong santai, Kak... eeeh, taunya "terhanyut" oleh perasaan, jadi ibu ngomongnya rada-rada seurieusss dan rada terisak-isak.. ha...ha... lebay pisaaan...
Ibu inget, ibu "cuma" ngomong gini :
Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak dan ibu guru yang sudah bersedia mengasuh dan membimbing anak saya sehingga berhasil menamatkan sekolahnya di sini. 3 tahun lalu, saya putuskan untuk memindahkan anak saya ke sekolah ini, sungguh suatu keputusan yang tidak pernah saya sesali. Apa yang saya lihat dan rasakan, membuat saya tidak pernah menyesali hal tersebut. Di sekolah ini anak saya belajar banyak hal, termasuk bagaimana belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar.
Saya jadi teringat tulisan di salah satu blog mahasiswa saya (sebenernya ini blog isinya curcol banget, tapi saya sukaa  Nah ini tulisan yang bikin saya terkesan...), yang merasa menempuh SD, SMP, dan SMA dengan beban, saya jadi berfikir, apa mungkin saya bisa menawarkan sekolah yang tidak terlalu "membebani" buat anak, tanpa menghilangkan kesempatan mereka menikmati masa-masa indah selain "belajar dan belajar" dalam pengertian kognitif belaka? (jiaah.. sok ngintelek..!!).
Ternyata di sekolah ini saya menemukan hal tersebut. Itulah salah satu pelajaran berharga buat saya selaku orang tua, dan juga kesempatan berharga buat anak saya. Mungkin di beberapa sekolah, mereka memiliki visi dan misi "MENCETAK" siswa berprestasi, lulus dengan nilai tinggi, dlsb.  Saya tidak setuju dengan kata "mencetak", karena menurut saya kalo mencetak itu ya pake cetakan... kalo pake cetakan, ya udah ada cetakannya, kayak kita nyetak batu bata, apapun bentuk asalnya, didedet-dedet.. ditekan, dipaksa, supaya keluarannya sama bentuknya, sama rapinya, sama lekuk-lekuknya.  Menurut saya apa indahnya kalo sama semua keluarannya seperti itu?  Saya lebih suka "MEMBENTUK", karena membentuk itu berarti kita harus memahami bentuk dasarnya, melihat kelebihan dan kekurangan, mengasah kelebihan dan menyamarkan kekurangan. Ibarat batu kali, yang tadinya keliatan nggak berharga, di tangan seorang seniman bisa di"bentuk" menjadi benda seni bernilai tinggi karena sang seniman ini mampu melihat "kelebihan" di batu tersebut yang tidak terlihat oleh orang lain dan menonjolkannya dengan cara mengasah kelebihan-kelebihan tersebut.
Naah, itu yang saya harapkan terjadi pada anak saya. Saya tidak ingin anak saya dicetak, tapi saya ingin anak saya dibentuk. Tolong pahami kekurangannya, tolong kenali kelebihannya, dan tolong bantu dia agar dapat menjadi "benda seni" yang merepresentasikan dirinya sendiri. Dan itu saya lihat sudah lumayan dilakukan guru-guru disini. Beberapa anak, yang sepertinya sudah "putus harapan" di sekolah-sekolah biasa, ternyata berhasil melalui masa-masa sulit di sekolah ini. Itu satu pencapaian yang luar biasa...Untuk itu saya ucapkan terima kasih...
Hiks...hiks...hiks... ibu nangis.... halaaah... sok imut banget yak.... tapi itu dulu kak, 2 taun yang lalu, waktu kakak tamat SD. Sekarang kakak masuk SMP negeri biasa. Dari awal ibu sudah bersiap siaga, makelum lah, tidak banyak yang diharapkan. Lha wong model dan pendekatannya aja berbeda. Jadi ibu sudah berjanji akan back to basic, nggak bakal protes ini itu, kecuali kalo udah keterlaluan banget. So, ibu kembali ke budaya nyantai, kalo bagi rapot nggak banyak tanya-tanya macem-macem ke wali kelas. Cepet-cepet ambil rapot, meneliti sekilas, yang penting nggak ada nilai-nilai gawat darurat, atau laporan-laporan yang bikin ibu ketar-ketir. ya sudah cukuplah..
Ternyata, dua taun di SMP ini kakak cukup beruntung. Pasalnya, selama dua taun tersebut kakak dapet wali kelas yang lumayan baik, menurut ibu. Setidak-tidaknya kalo dibandingkan dengan persepsi "guru" konvensional yang sering ibu temui di sekolah-sekolah laen. Wali kelas waktu kakak kelas satu, meski cukup tegas di kelas, dan sering nyusah-nyusahin dengan tugas yang aneh-aneh, tapi ternyata nggak banyak komentar.  Komentarnya cuma supaya kakak juga memperhatikan pelajarannya, jangan bola melulu. Sang wali kelas juga, ketika kakak naek kelas dua, tidak mencantumkan ranking di rapot. Sang wali kelas menyiapkan kertas terpisah dan menyatakan bahwa beliau memang sengaja tidak menuliskan ranking, tapi kalo ada ortu yang menanyakan, silakan liat di kertas ini. Eeeh, kacaunya tuh kertas akhirnya malah difotocopy anak-anak. Kacaunya lagi, ternyata kakak dapet ranking 7, dengan ranking 1 sampe 6 cewek semua. Jadi aja kakak rada-rada gede hulu..ha..ha.., secara jarang banget belajar. Tapi sebenernya kakak setuju juga tuh nggak mencantumkan ranking, soalnya kata kakak :
Kesian bu temen aku yang di rapotnya tertulis ranking 40, hadoooh.. nggak kebayang gimana malunya dia..!
So, ibu setuju juga dengan pendapat kakak tersebut, emang kasian kan kalo ranking seperti itu tertulis di rapot... apa bener buat memotivasi? atau malah de-motivasi?. 
Tapi, sebagai basa-basi, ibu juga ingatkan waktu kakak naek kelas dua:
Inget kak.. kelas dua pelajaran semakin susah, dan mungkin belum tentu guru itu penuh toleransi atas kegiatan maen bola kamu...!! 
Kakak cuma manggut-manggut...
Naek kelas dua, lagi-lagi Alhamdulillah, kakak dapet wali kelas yang juga baek banget. Awalnya ibu nggak terlalu menyadari kebaekan wali kelas ini, kecuali atas cerita kakak bahwa sang wali kelas tidak pernah mempermasalahkan kalo kakak minta dispensasi maen bola. Seringkali nggak pake surat, cukup ngomong, langsung ngacir. Kalo ada ulangan yang ketinggalan juga, dengan senang hati mereka memberikan kesempatan susulan. Ibu sih seneng-seneng aja.
Trus, tibalah saatnya bagi rapot semesteran.  Seperti biasa, ibu siih singkat-singkat aja ngambil raport kakak. Kalo ortu yang laen biasanya lamaaaa banget curhatan sama wali kelas, ibu sih cuma tanya, gimana rapotnya? ada masalah? 
"Alhamdulillah bu, nggak ada.. nilai juga lumayan bu, nggak terlalu jelek, meskipun Bilal sibuk maen bola".
Ooh, syukurlah, mohon maaf aja bu kalo sering dispen.
"Ooh, ndak apa-apa.."
Eeeh, pas ibu mau keluar, tiba-tiba kakak nyelonong masuk.. penasaran meureun...langsung sambil menyalami tangan wali kelas, kakak nanya..
Gimana bu rapot saya, ada yang jelek nggak bu?
"Nggak, bagus kok. nih liat..!!"
Oh, Alhamdulillah...
"Kamu sih nggak masalah, yang masalah tu si A, B sama C tuh, coba kamu liat, nilainya kayak gini coba..!!"
(eeeh.. kok sang wali kelas malah nunjukin rekapan nilai temen kakak yak?)
Kenapa bu (kakak ngelongokin kepalanya ke daftar nilai yang diunjukin).
"Ini coba.. masak hampir 7 atau 8 pelajaran nih nilainya dibawah KKM, coba tuh kamu tanyain, gimana tuuh, coba kamu ajakin..., apalagi si C tuuuh, kenapa sih jarang banget sekolah.. udah gitu nilainya gini lagi..Ibu khawatir nanti mereka nggak naek kelas"
Oh iya bu, nanti saya kasi tau bu..
"Iya.. tolong ya.. ibu mah udah bingung kudu ngomong apa tuh ke anak-anak itu.."
Iya bu, nanti saya kasi tau bu..
Kakak segera berlalu. Dalem ati ibu heran.. lhoo kok wali kelas malah curhat ke kakak siiih? Emang siapa sih A, B, dan C itu?
Di luar kelas ibu tanya.. siapa si kak? kenapa si ibu malah curhat ke kakak?
"Itu lho bu.. anak-anak asuh Bilal"
Maksudnya..?
"Ya, mereka itu memang sering Bilal awasin bu, si ibu wali kelas yang juga suka minta tolong. Soalnya mereka ini kayak nggak nyadar gitu, pentingnya sekolah, belajar, dlsb. enaaak aja maen game, atau bolos berhari-hari"
Lhaa.. kenapa kamu yang ketiban pulung? 
"Ya soalnya anak-anak itu suka pada curhat ke Bilal, naah kalo udah ngadat gitu, kadang-kadang kalo Bilal datengin, eeh, mereka mau tuh masuk kelas, atau ikutan ulangan. Kalo nggak, yaaa kayak nggak ada kesadaran gitu laaah.. pokoknya meni siga budak leutik kitu laaah.."
Ooooo, jadi kamu itu merangkap pengasuh juga tooh?
Hehehe.... kakak bilal cuma nyengir.
Tanpa ibu sadari, sampelah akhir taun ajaran, bagi rapot kenaikan kelas niih. Ibu siap-siap ambil rapot kakak. Meski rada deg-degan, karena menurut kaka, nilai matematikanya kayaknya jeblog banget (makelum kakak sering bolos sekolah karena maen bola dan jarang latihan), ibu masih nyantai-nyantai aja, karena ibu nggak punya target tertentu.
Giliran ibu yang ngadep wali kelas...
"Ini rapotnya bu.."
Bagaimana bu, bagus nggak?
"Yaaa.. lumayan bu, nggak ada masalah..."
Tapiii, katanya nilai matematikanya jelek ya bu?
"Aaah, nggak kok, nggak parah-parah amat, nggak apa-apa bu, anak kan kemampuannya beda-beda. Mungkin matematikanya kurang.. tapi mungkin ada kelebihan di mata pelajaran lain.."
Iya bu, mohon maaf bu, Bilal tuh memang rada males latihan matematika di rumah..
"Tapi secara umum nilainya bagus bu.. saya mah seneng bu.. Bilal itu suka membantu saya, menasihati temen-temennya, dan anaknya itu sopan bu.. kalo bicara dengan saya sopan sekali... Saya juga menyesal bu, kemaren nggak nonton dia waktu pertandingan final. Saya siih pengen pergi bu, tapi nggak boleh sama kepala sekolah, karena nanti semua pergi, siapa yang di sekolah.."
(ibu wali kelas menunjukkan dukungan penuh atas usaha Bilal membela sekolah di bidang sepak bola).
Oooh, nggak apa-apa bu, saya sudah bersyukur bahwa sekolahnya cukup mendukung minatnya selama ini. Tapi denger-denger katanya kemaren pernah berantem ya bu di sekolah?
(Rasanya ibu pernah sekali denger kakak bilal cerita, bagemana dia akhirnya berantem dengan temennya, tonjok-tonjokan, entah gara-gara apa, konon katanya temennya itu rada-rada aneh dan bermasalah).
"Aaah masa? kapan? saya nggak pernah denger. Selama ini Bilal belum pernah saya denger menimbulkan masalah, mungkin itu anaknya yang mengganggu ke Bilal."
Waah nggak tau bu.. mudah-mudahan sudah berteman lagi sekarang..
"Iya bu.. nggak apa-apa.. yang penting Bilal-nya nggak bikin gara-gara duluan"
Ooh, trus kira-kira ranking nya bagus nggak bu? (iseng-iseng nanya)
"Oooh nggak tau bu, saya nggak menghitung ranking... yang penting nilainya bagus. Mudah-mudahan nanti di kelas tiga lebih bagus lagi."
Jeeuh.. ni guru kok baeeek banget yak.., saking terenyuhnya, sampe-sampe ibu fotoin buat kenang-kenangan...


Trus sepanjang jalan ibu ngobrol sama kakak bilal, tuh kenapa gurunya gitu yak? Jawab kakak, emang gurunya yang satu ini baek banget. Trus ibu tanya, emang kamu suka bantuin apa?
Jawab kakak, bantuin macem-macem laah bu, kebanyakan bantuin anak-anak yang bermasalah itu laaah.
Misalnya?
Yaa misalnya si A, yang nggak ada di kelas, kadang-kadang Bilal disuruh nyariin.
Emang kemana tu anak?
Ada, keur ngalaweung di lantai atas..
Trus kamu apain?
Ya Bilal bujuk laaah supaya masuk kelas..
Hahaha.. geuning kamu merangkap biro konsultasi juga yaaak...?
Hehehe.. kakak bilal cuma cengar-cengir.
Trus apa lagi?
Ya kadang-kadang si ibu juga suka curhat soal masalah anak-anak itu. Misalnya waktu kasus si B itu yang hampir beberapa minggu nggak sekolah, si ibu nyuruh bilal menyelidiki ke rumahnya. Waktu bilal sampaikan laporan, kalo sebenernya si B itu berangkat dari rumah tapi nggak nyampe sekolah, akhirnya si Ibu mengunjungi ortunya si B. Gara-gara itu makanya kita nggak jadi foto kelas beberapa kali.
Maksudnya?
Ya kan harusnya kita foto kelas, tapi ibu nya bilang kalo ibu mau ke rumah si B ke Bilal. Pulangnya Ibu guru cerita, kenapa si B bolos terus-terusan. Ternyata si B itu sibuk dagang, padahal ortunya lumayan mampu bu. Cuma si B ini maennya sama yang doyan dagang gitu laah, dagang supenir suporter Persib bu..
Ooh, pantesan si ibu meni belaan ke kamu ya? Segitu dia guru matematika, itu nilai matematika kamu jeblog dia nggak marah...
Aaah itu sih karena dia baek aja bu.. kayaknya kalo aselinya nilai Bilal malah lebih jeblog lagi. Mungkin sekian persen nilai bilal itu akibat kebaikan guru-guru itu aja ke Bilal.
Yaa makanya, kamu kelas tiga nanti kudu belajar bener-bener ya ..!!
Kakak Bilal cuma manggut-manggut. Dalam hati ibu siih bersyukur, syukur kalo kakak bilal menyadari kekurangannya. Syukur kalo dia tau bahwa nilai "bagus" tersebut sekian persen akibat kebaikan hati guru-gurunya. 
Tapi, lagi-lagi ibu nggak "kuasa" memberi target.
Sebulan di kelas tiga, ibu basa-basi tanya... 
Bagemana nak? pelajarannya lumayan heboooh?
Yaa..lumayan, tapi so far masih bisa berjuang laaah..
Ooo, pokoknya kalo udah gawat darurat, kamu harus minta bantuan ibu ya...?
Iya bu.. pasti laaah
Tapi kamu belajar juga dooong.. jangan terlalu nyantai gitu..
Iya bu... ini juga disempet-sempetin belajar
Bo'ong laaah.. itu kebanyakan BBM-an melulu..malah pacaran lagi sama cewek-cewek nggak jelas..
Hahaha... kata siapa bu..?
Tau laaah ibu juga... jangan terlalu serius tau.. urusan kayak begitu maah
Iya.. tau lah Bilal juga...
Niih, pokoknya ibu sih nggak nuntut macem-macem. Ibu cuma pengen kamu jaga akhlak kamu, jaga sikap, perkataan, perbuatan. Sempatkan waktu buat belajar.. misalnya setengah jam aja sehari.
Yaa bu...!!!
Yang bener.. jangan cuma ngasal ya bu...ya ..bu... aja..!!
Iya. tau.. bilal juga ngerti kok bu.. Bilal ini sebenernya termasuk anak yang beruntung bu..
Lho kenapa?
Ya ibu nggak nuntut macem-macem, nggak ngancem macem-macem...
Emang yang laen gimana?
Yaa ada temen bilal yang belom apa-apa udah diancem.. kalo nggak lulus ke SMA anu, mau dimasukin ke sekolah tentara laaah, dimasukin ke pesantren yang di abra-kadabra laaah.. padahal anaknya nggak pengen dan nggak suka..
Ya kalo ibu sih, terserah ke kamu aja.. kalo kamu bisa masuk SMA anu ya masuk, kalo nggak bisa, masuk SMA mana aja nggak masalah. Yang jelas ibu nggak mau pake jalur-jalur ajaib gitu..
Hahaha.. "jalur gaza" maksud ibu..
Ya tau laah..
Iya ternyata "jalur gaza" itu mahal ya bu., kesian tuh kalo Bilal pikir-pikir. Temen-temen Bilal yang taun kemaren aja, mereka udah ngabisin duit juta-juta buat Bimbel, udah gitu, pas Nem-nya jelek, ngabisin lagi juta-juta buat 'jalur gaza'.
Ya.. makanya.. ibu mah nggak ada anggaran buat jalur seperti itu. Buat bimbel aja ibu masih mikir, perlu nggak siiih... perasaan ibu blum liat kamu usaha maksimal..
Iya laah, lagian mana sempet bimbel-bimbel segala..
Naah, makanya, pokoknya kaka inget aja. Harapan ibu tuh ke kakak nggak macem-macem. Ibu nggak berharap kakak ranking sekian laah.. ibu cuma pengen kakak tuuuh..apa yaa... belajar menghadapi masalah, belajar dewasa, belajar bertanggungjawab terutama ke diri sendiri...., kenali diri kamu sendiri nak, kendalikan juga diri kamu sendiri..!!(kakak cuma manggut..manggut...manggut...)
Biasanya obrolan berlanjut ngalor ngidul, diteruskan ke film, lagu, acara TV dlsb. Ndak terasa anak ibu sudah menuju remaja. Tugas ibu, ya semaksimal mungkin mendampingi kakak menghadapi masalahnya, berdialog dan menjadikan diri sebage orang kepercayaannya. Tapi tugas itu nggak mudah.. sungguh... Semoga aja Allah SWT tetap mendekatkan hati kakak Bilal ke ibu dan tetap menjaga keselamatan kakak Bilal, lahir dan bathin...Amiin....Amiiin....Amiiin...!!

Tidak ada komentar :