Kamis, 01 Januari 2015

Radio Online

Yaa.. posting nggak penting lagi..
Sodara-sodara, berhubung sayah lagi bete, dan sudah jam 1 lewat 39 menit, tak jelas mau nulis apa, dan pikiran jadi terganggu karena overlapping dengerin lagu-lagu  masa kini dengan tulisan yang harus dibaca, so akhirnya berkelanalah sayah di dunia entah berentah ini, mencari-cari sesuatu yang layak untuk didengarkan sambil membaca, tanpa mengintervensi kalimat yang sedang dibaca.
Mau ngomongin apaan siih?
Nganu lhoo... sayah ini manusia yang sangat audiomusical, makesute, sangat doyan mendengarkan lagu ketika bekerja (hadooh, lebay banget...!!).  Mendengarkan lagu membuat saya semangat, dan nggak kerasa waktu berlalu, hati gembira riang bersenandung, tapi kerjaan ga beres-beres.. haiya...!!
So, sudah lama, satu taun lebih saya sangat panatik sama radio-radio online. Alesannya mengapa saya lebih suka dengerin radio oline daripada ngumpulin lagu n bikin playlist sendiri adalah :
  1. Males mikir (bikin play list sendiri kan mikir, milih-milih lagu mana yang cocok)
  2. Males ngeklik dan nyari (sama lah kayak alesan nomor 1)
  3. Bosen (bosen karena lagunya itu lagi itu lagi.. mosok tiap hari mesti nyari donlotan lagu baru)
  4. Kuper (konon orang bisa diukur hidup di generasi mana berdasarkan lagu favoritenya, misalnya kalo doyannya lagu Elvis Presley, Frank Sinatra, sudah pasti ditebak, sudah opa-opa dan oma-oma)
  5. Berdasarkan alesan no.4, maka sayah nggak mau dibilang kuper sama mahasiswa (waduuh.. LUPUS, alias lupa usia), maka saya ngikutin juga lagu masa kini, selain, setelah didenger-denger ternyata uenak.. uenaak juga lagunya.. nggak kalah sama Billy Joel, Earth Wind and Fire, Michael Jackson, Elton John, atau yang rada-rada tengahan seperti George Michael, Sade Adu, AHA, Duran-duran, dlsb laah.. 
  6. Menghargai royalti para pemilik hak cipta, dgn nggak donlot lagu bajakan (kecuali kalo seneng banget lagunya... ha..ha.. ), ini pasti alasan yang paling LEBAY....!!
So.. kesimpulannya, saya akhirnya terpikat pada beberapa radio online. Dari sekian banyak radio online, ada satu "gerombolan" radio yang paling sering saya dengerin yaitu bigRradio.  Dulu dengernya lewat channel shoutcast.com, trus ternyata mereka bikin flash player sendiri, sehingga bisa diakses langsung, trus juga pernah dengernya lewat WinAmp player (tapi rada ribet nyatet alamatnya, karena masih pake IP Address gitu laah).  So, cara yang paling praktis ya dengan buka flash-player  melalui situs mereka.
Naah, big R Radio ini kumpulan beberapa stasiun radio yang masing-masing punya genre dan stasiun sendiri-sendiri. Ada beberapa stasiun favorite yang sering saya denger, antara laen :
  • Big R Radio 100.7 The Mix : paling sering didengerin, musiknya terkini bangets.. melalui stasiun ini kita bisa tau lagu apa yang saat ini sedang laris manis di pasaran, macam lagu (nista, tapi video clipnya memukau) take me to church Hozier, lagu (heboh) Chandelier, lagu romantis macam thinking out loud Ed Sheeran,  lagu gembira seperti Boom Clap nya Charlie CXC, suara sekseeh Summer dari Calvin Harris, dan banyak lagi. Kadang-kadang nyelip sih lagu jadul, dan anehnya lagu jadul yang paling sering nongol tuh lagu Madobek, eeh.. Madona, jaman album terakhir yang sukses tuh Material Girl
  • Big R Radio 101.1 The Beat, ini mirip lah genre nya dengan 100.7, lagu-lagu terkini dicampur lagu dulu beberapa sajah.
  • Big R Radio 101.6 Adult Warm Hits : sesuai dengan nama, sebenernya ini stasiun radio dengan lagu-lagu yang paling cocok dengan usia daku. Rada-rada oldies, mellow dikit, ada juga masa kini, tapi tidak terlalu menghentak-hentak seperti dua stasiun sebelumnya. Nih tipikal lagu yang cocok didengerin di ruang tunggu kantoran atau restoran gitu laah.
Trus, berhubung dari kemaren tuh ternyata kalo lagi baca paper boso londo, trus dengerin lagu boso londo malah bikin otakkoe kusut, karena sulit mengendalikan pikiran, antara pengen nyanyi sama pengen baca, dan seringnya nggak lanjut baca, malahan cari link buat donlot lagu .. (kheuseus untuk lagu-lagu yang benar-benar sulit dilupakan, dan sayangnya banyak lagu kayak gitu..), maka akhirnya diriku back to basic, kembali ke masa lalu, masa ketika diriku masih muda belia, masa dengerin lagu adalah kemewahan, radio-radio cuma ada sampe jam 12 malem, kalopun ada yang lebih dari jam 12, yang dengernya kebanyakan satpam, bidan, suster, dlsb (ketaun dari kirim-kirim salam yang dibacain oleh penyiarnya), maka aku pada masa itu akhirnya banyak tersesat di dunia musik klasik.
Neooon? musik klasik?
Ya iyalaah.. meskipun sekarang aku sering denger lagu brang breng brong, sebenernya jaman dahulu kala, sejak masih duduk di SD, aku sudah kesengsem sama musik klasik.  Radio kesayanganku, yang waktu itu cuma berukuran segede telapak tangan, bertenaga batere kecil 2 buah, tiap malem Jumat jam 20.00-21.00, selalu nempel di telinga, karena digunakan buat dengerin musik klasik dari stasiun radio MAESTRO, sebuah radio yang beralamat di Jl. Gandapura nomor sekian.. ,Dari hasil nguping acara musik klasik dari radio tersebut, aku jadi kenal nama-nama seperti Vivaldi, Bach, Chopin, Mozart, dlsb.
Kecanduan musik klasik agak bergeser ketika SMP, ke arah berbau jazz-jazz an.. itu pun gara-gara suka minjem kaset lagu Jazz (inget.. jarang dikembaliin loo), semacam Late Night Jazz, Jazz Vocal, Japan Jazz, dan laen-laen.. lagunya semacam.. Mermaid (Tatsuro Yamashita), so much in love with you (Sheena Easton) yang super galau itu, dan tentunya si suara super soft dan bikin ngantuk, Michael Franks (the lady wants to know, Antonio's Song, dlsb laah).  Selama SMP, aku menghabiskan waktu berjam-jam nongkrong di meja, mendengarkan lagu-lagu super galau tersebut, sambil menggambar atau menulis catatan si Boy.. ha..ha.. Tentunya dicampur-campur juga dengan album kompilasi musik instrumental semacam Nini Rosso (dominan trompet), piano oleh Richard Clayderman, atau yang ringan dan nyantai dari Philadelphia Philharmonic Orchestra
Lha.. pas SMA, balik lagi kecanduan klasik, gara-gara nemu kaset Vivaldi "tak terawat" di rumah temen, pas disetel di rumah.. alaaa maaak..ruaar biasa nikmatnya.. meskipun waktu itu aku nggak tau persis apa judulnya, lha wong kasetnya juga sudah tak berumah, tak bersampul, dan tak bermerk, cuma ada tulisan spidol "Vivaldi".  Belakang baru tau kalo musik super enak dari Vivaldi tersebut berjudul Four Seasons... Setelah itu, jadilah aku pemburu kaset klasik yang memang rata-rata "tidak dibutuhkan" di rumah temen-temen. Dari beberapa hasil buruan tersebut aku dapet Chopin, Mozart, dan yang paling laris manis tentunya seri "Semi Classic".   Mula-mula minjem satu, eeeh taunya enak, minjem lagi satu, minjem lagi .. minjem lagi.. sampe ada 4 kaset, dan (SADISnya) nggak aku balik-balikin. Tooh percuma, dibalikin juga ga pernah didengerin sama yang punya.. (membela diri..), ini kan kaset babehnya, dan mungkin babehnya dah bosen juga ngkali..
Ini mau ngomongin radio atau ngomongin selera musik siii??
Yasud, back to basic.... naah berhubung malem ini aku lagi butuh lagu-lagu yang tidak merusak konsentrasi, maka berkelanalah aku ke radio maya, dan nemu stasion keren berikut:
Accuradio : Bisa buat dengerin satu album penuh, cari aja keyword yang tepat, macam guitar, jazz, classic, dlsb. Cuma kalo pengen puas, kudu rada bikin akun dulu... Di stasiun ini nemu beberapa album musik klasik yang lumayan misalnya : Vivaldi, Mozart, dan 101 classic, yang cucok buat kompilasi musik klasik populer. 
Oh ya.. di kompilasi 101 Classic ini banyak lagu klasik ngetop lho.. kayak yang sering kita denger di pelem-pelem seperti Nocturne No.2 (Chopin), The Nutcracker (Tchaikovsky), Air on G String (Bach), Arrival of the Queen of Sheba (Handel), and many more.
Grooveshark : sama kayak Accuradio, didengerin per album, cuma kalo rajin, kita bisa bikin kompilasi dari beberapa album, kalo pengen lebih leluasa, kudu bikin akun juga. Nih contoh list untuk yang gitar klasik
Tuuh kan.. sudah 03.25 dan blum beres juga kerjaan..
Ya sud. postingnya sekian sajah..

Tidak ada komentar :